10 Nama Diusulkan Ke Pemerintah, Pati Layak Dijadikan Ibukota Propinsi Muria Raya

Header Menu


10 Nama Diusulkan Ke Pemerintah, Pati Layak Dijadikan Ibukota Propinsi Muria Raya

Selasa, 25 Juni 2024

Tokoh mayarakat di Pati, Sismoyo dan S Karjono. (Foto / red 001).

LaCanda.Net
, PATI - Warga Pati mulai ramai membicarakan adanya 10 nama bakal calon provinsi baru, yang sudah diusulkan ke Pemerintah dan tinggal menunggu peresmian saja. "Pati yang tepat ditetapkan sebagai ibukota propinsi Muria Raya". Demikian diungkapkan tiga tokoh masyarakat. Yakni DR Sismoyo SH MH, S Karjono SH MH dan Drs Pramudya, Selasa (25/6).

    

"Munculnya 10 nama calon propinsi baru (pengembangan) di pulau Jawa, berawal dari kanal YouTube Atlantis People, yang kemudian banyak dilansir media masa" kata tokoh Juwana, Sismoyo.

    

Menurut tokoh koperasi nelayan Indonesia, S Karjono, seharusnya Pati ditetapkan menjadi ibukota propinsi Muria Raya. Karena jumlah penduduk lebih banyak, serta luas wilayah juga lebih memadai. 

    

"Di Pati terdapat banyak asset bekas kantor karisidenan. Kalau kabupaten lain, tidak punya. Dan luas wilayahnya, juga  sempit" tuturnya.

     

Sedang koordinator presidium LSM Dewan Kota, Pramudya menegaskan, Yogjakarta sudah menjadi Propinsi Daerah Istimewa, dan Solo akan dijadikan propinsi baru, maka selayaknya Pati menjadi propinsi, serta ditetapkan sebagai Ibukota propinsi baru di wilayah Pantai Utara Jawa. 

    

"Hal ini berdasarkan sejarah masa lampau, sekitar tahun 1586" ujarnya. 


Propinsi Baru

Pulau Jawa dikabarkan akan mengalami pemekaran wilayah. Ada 10 nama bakal calon provinsi baru tersebut sudah diusulkan ke Pemerintah dan tinggal menunggu peresmian saja.

   

Yaitu Provinsi Tangerang Raya, yang merupakann hasil pemekaran dari provinsi Banten.

    

Wilayah yang akan masuk dalam provinsi Tangerang Raya, yakni kabupaten  Tangerang, kota Tangerang, kota Tangerang Selatan, kota Tangerang Utara dan Kota Tangerang Tengah. Adapun pusat ibu kota di kota Tangerang

    

Kemudian, provinsi Bogor Raya atau Pakuan Bagasasi, adalah hasil pemekaran dari Provinsi Jawa Barat.

    

Wilayah provinsi ini adalah kabupaten Bekasi, kota Bekasi, kota Depok, kabupaten Bogor, kota Bogor, kabupaten Sukabumi, kota Sukabumi dan Kabupayen Cianjur. Pusat pemerintahannya ada di kota Bogor.

    

Provinsi Cirebon merupakan hasil pemekaran dari provinsi Jawa Barat. Wilayah yang termasuk adalah kabupaten Indramayu, kabupaten Majalengka, kabupaten Kuningan, kabupaten Cirebon dan kota Cirebon. Dengan pusat pemerintahan akan berada di kota Cirebon.

   

Selanjutnya, propinsi Banyumas. Ini merupakan pemekaran dari provinsi Jawa Tengah. 

    

Adapun wilayahnya mencakup kabupaten Brebes, kabupaten Tegal, kota Tegal, kabupaten Cilacap, kabupaten Banyumas, kota Purwokerto, kabupaten Purbalingga, kabupaten Banjarnegara, kabupaten Kebumen. Dengan pusat pemerintahannya di kota Purwokerto.

    

Propinsi Surakarta. Ini merupakan pemekaran dari Provinsi Jawa Tengah. Wilayahnya adalah kabupaten Boyolali, kabupaten Sragen, kabupaten Klaten, kabupaten Sukoharjo, kota Surakarta, kabupaten Karanganyar dan kabupaten Wonogiri. Pusat pemerintahannya di kota Surakarta. 


Muria Raya

Propinsi Muria Raya adalah pemekaran dari provinsi Jawa Tengah. Adapun wilayahnya meliputi kabupaten Kudus, kabupaten Jepara, kabupaten Grobogan, kabupaten Pati, kabupaten Rembang dan kabupaten Blora. Pusat pemerintahannya akan berada di Kudus.

    

Propinsi Jawa Selatan. Provinsi ini hasil pemekaran dari provinsi Jawa Timur. Wilayahnya mencakup kabupaten Ngawi, kabupaten Magetan, kabupaten Madiun, kota Madiun, kabupaten Nganjuk, kabupaten Ponorogo, kabupaten Pacitan, kabupaten Trenggalek, kabupaten Tulungagung, kabupayen Kediri, kota Kediri, kabupaten Blitar, kota Blitar. Pusat pemerintahan berada di kota Kediri.

    

Propinsi Malang Raya yang merupakan hasil pemekaran dari provinsi Jawa Timur. Wilayahnya adalah kabupaten Malang, kota Malang, kabupaten Batu, kabupaten Pasuruan, kota Pasuruan. Pusat pemerintahan akan berada di kota Malang.

   

Propinsi Blambangan, yang merupakan hasil pemekaran Jatim. Wilayahnya adalah kabupaten Probolinggo, kota Probolinggo, kabupaten Lumajang, kabupaten Jember, kabupaten Bondowoso, kabupaten Situbondo, kabupaten Banyuwangi. Pusat pemerintahan berada di Jember.

   

Propinsi Madura. Merupakan pemekaran dari provinsi Jawa Timur. Adapun wilayahnya adalah kabupaten Bangkalan, kabupaten Sampang, kabupaten Pamekasan, kota Pamekasan dan kabupaten Sumenep.  (Red / 001).